Rabu, 25 April 2012

Panduan Dasar Blogging untuk Pemula

Sampai detik ini masih banyak yang tanya gimana sih cara ngeblog yang baik dan benar? Apa ada kiat-kiat khusus supaya blogging bisa bertahan lama, bahkan kalau perlu ditingkatkan menuju tahap monetisasi atau cari duit lewat ngeblog?  Well, kali ini saya katakan, nggak ada resep ngeblog yang benar-benar teruji sukses buat semua orang. Setiap orang itu unik dan punya gaya belajar masing-masing. Satu cara cocok buat saya, belum tentu cocok buat yang lain.
Makanya, aneh pula kalau ada blogger yang belum saya kenal sebelumnya tiba-tiba bertanya: Langkah apa yang terbaik buat saya? Bikin duit dari internet itu gimana? Bla..bla..bla… Waduh mas, bukannya saya nggak mau berbagi ilmu. Tapi ya lucu aja, belum tahu kapasitas dan kemampuan dia, tapi saya disuruh kasih advice. Ibarat pasien yang masuk ruang praktek dokter, belum bilang apa-apa sudah keburu minta disuntik. Kalau nggak salah suntik pakai obat sakit kepala untuk gajah aja udah untung dia.
Maksud saya begini. Kecuali kalau tiap hari saya memantau perkembangan ngeblog seseorang, mengikuti tahap demi tahap ebook yang dibaca, baru deh saya bisa kasih sedikit  kritik dan saran untuk perbaikan. Jadi newbie pun harus cerdas. Jangan keburu tanya sebelum googling dilaksanakan.
tips blogging untuk pemula
Menurut pengalaman saya dan beberapa kawan lain, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini.

1. SUKA MEMBACA

Sengaja saya kasih nomor 0 (nol) karena membaca adalah syarat wajib kalau mau eksis di internet. Hampir 80 persen kegiatan ngeblog adalah membaca. Sisanya adalah menyimak tayangan video dan konsultasi via telpon. Membaca bukan saja bermanfaat menambah ilmu, tapi juga mengajari kita untuk bersikap sabar dan menikmati proses. Jadinya sangat aneh kalau blogger nggak suka baca. Kecuali dia bisa ilmu telepati.

2. DIMULAI DENGAN SEDERHANA
 
Sebelum mencapai angka 9 kita harus melewati angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Punya impian setinggi langit boleh saja. Anda bisa memulainya dari hal-hal sederhana. Kumpulan sukses kecil pada akhirnya akan terakumulasi menjadi sukses besar di kemudian hari. Bahkan anda tidak pernah menyadari kalau sukses kecil telah Anda dapat. Tahu-tahu duarrr..! Terjadi lompatan dahsyat dalam hidup Anda.

3. POSTING SETIAP HARI
 
Salah satu blogger yang mempraktekkan one post per day adalah Andi Sakab. Pada awalnya saya nggak yakin metode ini bisa membantu blogger menggali ide secara kontinyu. Buru-buru mau nulis, buka laptop tiap hari aja belum tentu. Namun hasilnya, silakan lihat sendiri di blog tersebut. Ibarat pisau, makin di asah makin tajam. Kalau lama nggak dipakai biasanya cenderung berkarat dan rapuh.

4. HINDARI ARTIKEL KONTROVERSI
Kontroversi di satu sisi bisa melambungkan popularitas seseorang. Tapi cara ini adalah teknik menulis paling melelahkan yang pernah saya alami. Saya lebih suka berbagi informasi melalui pilar content yang masih bisa relevan dipelajari sepanjang jaman. Blog yang memakai cara ini misalnya Satrya Bima yang rajin bahas tutorial WordPress.

5. BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS

Komunitas tidak harus identik dengan acara kopdar atau kumpul-kumpul sambil pamer gaya. Yang ditekankan dalam hal ini adalah sharing informasi mengenai satu bidang dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Untuk komunitas online, Anda bisa join di forum diskusi terbuka di portal berita, milis Yahoogroups, forum membership produk affiliasi dan sebagainya.

6. NYATAKAN TUJUAN NGEBLOG DENGAN JELAS

Apa jadinya kalau ngeblog nggak punya tujuan. Ibarat seorang pengendara mobil yang ngalor-ngidul menghitung panjang jalan dan nggak punya tujuan. Kalau nggak kehabisan bensin di tengah jalan, bisa-bisa kena tilang pak polisi karena melanggar marka jalan. Tentukan tujuan ngeblog sekarang juga agar langkah yang Anda ambil nggak sia-sia.

7. JAGA KUALITAS TULISAN

Ini memang nggak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Untuk menjaga kualitas tulisan, kita mesti pintar baca update berita dan info terbaru tentang bidang yang kita tekuni. Karena nggak bisa bahasa asing jangan jadikan alasan terpaku pada referensi dalam negeri. Ilmu di luar sana sangat melimpah dan menanti untuk dibaca dan dipraktekkan. Kata iklan di tivi: open your mind.

8. BUAT ARSIP BLOG SECARA KHUSUS

Arsip blog bisa berupa back up database (ini yang sering dilupakan), membuat daftar artikel yang telah diterbitkan (saya biasanya bikin di Excell) dan menyimpan salinan text artikel dalam format pdf. Ini kelihatan sepele. Tapi banyak blog yang mengalami lost data karena lupa tidak membuat sistem arsip yang rapi.

9. JIWAI SETIAP TULISAN
 
Nah, ini dia yang bikin tulisan Anda dikangeni ribuan subscriber. Apa jadinya kalau semua nulis artikel dengan gaya yang sama. Maka blogging tak ubahnya panggung pertunjukkan mesin SpinnerChief. Sentuhan khas penulis, jokes segar dan kemampuan berinteraksi dengan komunitas baik di blog maupun jejaring sosial tetap dibutuhkan untuk memberikan soul pada artikel.
Artikel model begini sudah banyak beredar di internet. Tapi saya nggak akan pernah bosan mengulang-ulang dalam penulisan. Setiap hari selalu muncul pendatang baru yang mencoba peruntungan di blogging. Dan saya yakin mereka tetap butuh informasi blogging bahkan yang basic sekalipun.

0 komentar:

Posting Komentar